7 Alasan dan Manfaat Masuk Jurusan IPS

Walaupun sering dipandang setengah mata namun siswa dari jurusan IPS SMA memiliki peluang sukses yang sama besarnya dengan anak IPA. Jurusan ilmu sosial juga bisa menjadi langkah awal mencapai kesuksesan karir dan pekerjaan nantinya. Jurusan Ekonomi Akuntansi, Manajemen, Desain Grafis, Komunikasi dan Filsafat menjadi contoh program studi IPS.

Kamu yang merasa kurang senang dengan jurusan IPA tidak perlu merasa minder kalau ingin memilih menjadi anak IPS. Dengan ketekunan dan selalu rajin untuk belajar siswa dari jurusan IPS di SMA bisa memiliki profesi dan pekerjaan yang bagus di masa depan. Yang perlu kamu ketahui sejak awal adalah apa saja kelebihan dan kekurangan jika masuk jurusan IPS di SMA.

Alasan Memilih Jurusan IPS

Jurusan IPS mempelajari tentang hubungan antar manusia dan hubungan manusia dengan lingkungannya, serta berbagai aspek sosial. Hal itu akan dikaji dalam mata pelajaran Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah.

Dengan mengambil Jurusan IPS, kamu akan memiliki bekal untuk memecahkan masalah sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain yang membuat kamu harus memilih Jurusan IPS

1. Lebih memahami sejarah

FYI, Sejarah merupakan mata pelajaran yang memiliki banyak manfaat untuk siswa, mulai dari sumber inspirasi hingga sebagai sarana rekreasi. SebagaiĀ sgp pools anak IPS, tentunya kamu menerima bobot pembelajaran Sejarah lebih banyak dibandingkan dengan jurusan lain.

Hal tersebut memungkinkan kamu untuk semakin memahami sejarah, baik sejarah nasional maupun internasional. Dengan demikian, kamu akan lebih menghargai jasa pahlawan bangsa. Satu lagi, belajar sejarah juga dapat membentuk jiwa kepemimpinan.

2. Mengasah jiwa sosial

Belajar di jurusan IPS akan membuat jiwa sosialmu lebih terasah. Hal ini disebabkan karena kamu banyak menerima materi yang membahas mengenai masalah-masalah sosial, cara berinteraksi dengan orang lain, cara membangun komunikasi dengan baik, dan berbagai materi lainnya yang terdapat pada mata pelajaran Sosiologi.

3. Lebih tanggap terhadap isu-isu terkini

Dengan mempelajari ilmu-ilmu sosial, kamu akan lebih cepat tanggap dan peka terhadap isu-isu yang sedang hangat, baik yang berasal dari berita maupun lingkungan sekitarmu. Contohnya, pada mata pelajaran Sosiologi, terdapat materi mengenai unsur-unsur pembentuk masyarakat dan strukturnya. Materi tersebut dapat membantumu untuk memahami cara masyarakat agar cepat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan di sekeliling mereka.

4. Tidak menemui banyak materi hitungan

Berbeda dengan jurusan IPA, di jurusan IPS kamu nggak akan banyak bertemu dengan materi berhitung. Namun, sebagai gantinya, banyak mata pelajaran yang menuntut kamu untuk mahir menghafal dan memahami konsep, mulai dari Sejarah, Sosiologi dan Antropologi, Geografi, bahkan Ekonomi.

Oh ya, khusus pada mata pelajaran Ekonomi, selain menghafal, kamu juga akan sedikit belajar materi hitung-hitungan, lho. Contohnya pada materi biaya peluang, elastisitas permintaan, pendapatan nasional, dan sebagainya.

5. Melatih untuk berpikir kritis

Di Jurusan IPS, kamu akan bertemu dengan berbagai mata pelajaran yang menuntutmu untuk lebih kritis. Contohnya pada pembelajaran Sejarah, kamu akan belajar untuk mencari dan menentukan sumber informasi dengan valid, serta mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Dengan berpikir kritis, kamu pun akan memiliki pikiran yang terbuka dan dapat memberikan solusi yang tepat bagi setiap permasalahan. Selain itu, berpikir kritis juga dapat membantu kamu saat memasuki dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>